Senin, 02 Februari 2015

3 Website Siaga Banjir di Jakarta

Selain macet, Jakarta memiliki satu masalah besar yang hingga kini belum juga terselesaikan, yakni banjir. Selain menyebabkan kerugian dalam berbagai hal, musibah yang kerap terjadi di setiap musim penghujan ini juga tak jarang merenggut korban jiwa. Kali ini, kami telah merangkum tiga website yang bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan informasi banjir di Jakarta.

1. Siaga Banjir



Siaga Banjir merupakan website yang mengumpulkan informasi banjir secara crowdsource dari pengguna media sosial Twitter. Pengunjung yang ingin diberi notifikasi tentang informasi banjir di lokasi tertentu, hanya perlu mendaftarkan e-mail mereka di website ini. Selain e-mail, pengunjung perlu menyertakan daerah yang ingin mereka pantau dan frekuensi notifikasi yang mereka inginkan. Setelah proses registrasi selesai, Siaga Banjir akan mengirimkan notifikasi melalui e-mail yang mereka daftarkan.

Siaga Banjir mengelompokkan informasi berdasarkan warna sesuai tingkat bahaya, yakni merah untuk yang paling berbahaya, jingga, kuning, dan hijau untuk tingkat yang aman. Meski pada umumnya pengguna Twitter bisa memantau informasi banjir dengan hashtag seperti #banjir dan sejenisnya, mereka tentunya akan direpotkan dengan banyaknya informasi dari berbagai kawasan banjir. Layanan Siaga Banjir ini membantu mereka mendapatkan informasi untuk kawasan spesifik yang mereka inginkan, beserta dengan tingkat bahayanya.

2. PetaJakarta


Diluncurkan pada Mei 2014 lalu, PetaJakarta merupakan platform bersifat terbuka (open source) untuk mengumpulkan dan menyebarkan informasi tentang banjir yang terjadi di Jakarta. PetaJakarta merupakan proyek hasil kerjasama Fasilitas Infrastruktur SMART Universitas Wollongong, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, dan Twitter.

Sama seperti Siaga Banjir, PetaJakarta juga mengumpulkan informasi banjir secara crowdsource dari pengguna media sosial Twitter.

3. LewatMana




Berbeda dengan dua website sebelumnya, LewatMana sebenarnya tidak ditujukan untuk menyebarkan informasi tentang banjir. Didirikan pada tahun 2009, LewatMana merupakan platform yang menawarkan panduan untuk menghindari macet secara real-time melalui kamera CCTV. Layanan ini tersedia untuk kawasan Jabodetabek dan beberapa daerah lainnya di pulau Jawa.

Bagaimanapun, karena berbentuk video, pengguna harus memiliki koneksi internet yang lancar untuk mengakses konten di LewatMana. Terlebih ketika hujan, operator kerap mengalami gangguan. Website ini mungkin bisa menjadi pilihan alternatif bagi Anda setelah dua website sebelumnya di daftar ini.

Untuk saat ini, banjir di Jakarta memang tidak dihindarkan. Namun, alangkah lebih baik bagi kita untuk terus siaga dan waspada. Saya berharap banjir di tahun ini tidak seburuk tahun-tahun sebelumnya. Stay dry and safe!

Sumber: http://id.techinasia.com/

Baca juga: Jasa Company Profile dan Pengaruh Terhadap Bisnis
                  Jasa Company Profile Berkelas




3 komentar: