Senin, 02 Maret 2015

Tak Ada Lagi Konter Tiket di Soekarno-Hatta


Mulai Minggu, 1 Maret 2015, PT Angkasa Pura II (Persero) resmi meniadakan layanan penjualan tiket penerbangan di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta dan Bandara Internasional Kualanamu.

”Kebijakan tersebut merujuk kepada Surat Edaran Menteri Perhubungan Nomor HK 209/I/I/16/PHB.2014 tentang Peningkatan Pelayanan Publik di Bandara, di antaranya menyebutkan meniadakan ruangan penjualan tiket penerbangan di gedung terminal,” kata Direktur Pelayanan PT Angkasa Pura II (Persero) Ituk Herarindri dalam keterangan tertulis yang diterima Tempo, Jumat malam ini, 27 Februari 2015.

Menurut Ituk, seluruh loket penjualan tiket akan berubah fungsi menjadi konter pelayanan pelanggan atau customer service yang dioperasikan oleh maskapai. Pemegang tiket penerbangan dapat melakukan perubahan jadwal penerbangan, perubahan rute penerbangan, melakukan proses refund, dan pembatalan penerbangan di konter customer service tersebut.

Angkasa Pura II selaku operator bandara juga mengoperasikan konter customer service yang dilengkapi dengan komputer untuk pembelian tiket secara online di Terminal 1A, 1B, 1C, 2F, dan 3 di Bandara Soekarno-Hatta dan Kualanamu.

Ke depan, Ituk mengatakan, Angkasa Pura II juga mendorong agar maskapai dapat menyediakan mesin pembelian tiket di bandara untuk mempermudah penumpang yang harus melakukan perjalanan segera atau go show. Namun, dia mengimbau masyarakat terlebih dahulu memiliki tiket penerbangan sebelum tiba di bandara untuk memastikan kelancaran dalam melakukan perjalanan dengan pesawat.

Menurut Ituk, ditiadakannya loket tiket di bandara dan dioperasikannya konter customer service itu untuk memberikan pelayanan yang lebih baik. "Melalui konter customer service, maskapai dapat memberikan solusi atas kebutuhan, keluhan, maupun pertanyaan penumpang,” ujarnya.

Untuk memaksimalkan peran konter customer service, Angkasa Pura II akan bersinergi dengan maskapai untuk mendirikan area khusus layanan pelanggan yang disebut dengan customer service center di Bandara Soekarno-Hatta dan Kualanamu.


”Saat ini letak konter customer service masih tersebar dan kami tengah membuat perencanaan agar berada di satu area khusus,” ujar Ituk.

Sumber: Tempo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar